you're reading...
Strategi Pembelajaran

Kejutan Di Pagi Hari

Kecenderungan guru atau pendidik saat mau measuki ruang kelas dan akan mengawali proses pembelajaran adalah ‘seperti biasanya’, nothing special, atau ya gitu-gitu aja deh…. Jika dilakukan berhari-hari, kemudian berbulan-bulan, dan terakhir bertahun-tahun, yang terjadi adalah sebuah pola yang mudah ditebak siswa, dan sekaligus menjadi cap bagi seorang guru. Jika datang ke kelasnya terbiasa telat, ya sudah, akan dicap sebagai guru telatan, dll.

Selain itu, pola robot yang selalu teratur dan sama setiap harinya akan membuat bosan, kurang greget, dan tidak menggugah hati untuk belajar. Untuk itu, sudah selayaknya sebagai pribadi yang berkembang, kita sebagai guru juga menyiapkan strategi baru setiap harinya, sesuai situasi / keadaan, biar pun terkesan sederhana.

Di bawah ini beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat kejutan di pagi hari ke siswa, dengan harapan ada sesuatu yang fresh yang menggugah minat siswa.

Cara membuat kejutan di pagi hari

  1. Pada saat tertentu, sambutlah para siswa di depan pintu dan jabat tangan mereka sambil menyapa nama mereka satu per satu.
  2. Sesekali tampilkan gambar lucu dengan OHP saat siswa masuk kelas.
  3. Bawalah satu barang mencolok yang berkaitan dengan materi, agar timbul rasa penasaran.
  4. Awali hari dengan membaca puisi yang menarik.
  5. Tanyakan perasaan siswa pagi itu, dan apa penyebabnya.
  6. Beri sebuah pepatah yang menyentuh hati
  7. Awali pagi dengan icebreak.
Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: